Referensi
PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KOTA KENDARI
ABSTRAK
Ahmad Roes. Nim 13040201029 dengan judul “Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Kendari”. Dibimbing oleh; Jafar Ahiri, sebagai pembimbing I dan Akib, sebagai pembimbing II.
Peningkatan kinerja guru dapat dilakukan melalui peningkatan perilaku kepemimpinan kepala madrasah dan kepuasan kerja. Oleh karena itu masalah pokok dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran pengaruh perilaku kepemimpinan kepala madrasah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara; (1) perilaku kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru, (2) kepuasan kerja terhadap kinerja guru, (3) perilaku kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja guru, (4) perilaku kepemimpinan kepala madrasah dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan pendekatan analisis jalur (path analisys). Sampel diambil secara random sebanyak 66 orang dari populasi sebanyak 198 orang guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Kendari. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan analisis jalur dengan bantuan program SPSS 16.0. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) perilaku kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (2) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. (3) perilaku kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru, (4) perilaku kepemimpinan kepala madrasah dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kesimpulan penelitian bahwa perilaku kepemimpinan kepala madrasah yang baik mampu meningkatkan kepuasan kerja dan kinerja guru, kemudian kepuasan kerja guru yang baik mampu meningkatkan kinerja guru, selanjutnya kepuasan kerja guru berperan secara parsial antara perilaku kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru.
Kata Kunci; Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Guru
Tidak tersedia versi lain