Referensi
MANAJEMEN PENGELOLAAN DATA SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-QALAM KENDARI
ABSTRAK
Nama Penyusun : Toto Hidayat
Nim : 14040201019
Judul Tesis : “Manajemen Pengelolaan Data Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Qalam Kendari”
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam pengelolaan data siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Sekolah Menengah Pertama (SMPIT) Al-Qalam Kendari.
Lingkup penelitian ini adalah sekolah islam terpadu dengan mengambil 2 sekolah yakni Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Qalam Kendari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan model Miles dan Huberman. Prosedur pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme perencanaan di SDIT dan SMPIT Al-Qalam Kendari adalah rapat kerja, rapat sekolah, intruksi pimpinan dan prosedur operator sekolah. Penanggung jawab pengelolaan data siswa adalah operator dan tata usaha sekolah. Pengorganisasian dilakukan dengan pengelompokan data siswa berdasarkan pada usia, jenis kelamin, kelas, tinggi badan dan berat badan serta minat bakat siswa. Pelaksanaan pengelolaan data siswa melalui tahap pembuatan, pencetakan, penyebaran, pengisian, pengumpulan, pengidentifikasian, penginputan dan pelaporan data siswa dengan sistem komputerisasi sederhana (Ms.Word dan Ms. Exel). Pengawasan dilakukan secara menyeluruh dari tahap perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan dalam pengelolaan data siswa. selain itu dilakukan terhadap data siswa dalam aplikasi DAPODIK per-triwulan.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi SDIT dan SMPIT Al-Qalam Kendari atau lembaga pendidikan lainnya dalam proses pengelolaan data siswa, serta JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) yang merupakan lembaga standarisasi sekolah islam terpadu. Item – item yang dinilai penting oleh steakholder lembaga pendidikan diharapkan memaksimalkan pelaksanaannya. Standarisasi pengelolaan data siswa oleh JSIT untuk sekolah islam terpadu sebaiknya dirumuskan dan ditetapkan. Sistem komputerisasi sederhana yang digunakan sekolah sebaiknya ditingkatkan dengan sistem teknologi yang lebih cepat. Transparansi data siswa terhadap orang tua perlu dilakukan oleh sekolah dengan cara memaksimalkan sistem informasi online. Sehingga orang tua siswa dengan mudah mendapatkan informasi tentang siswa setiap harinya.
Tidak tersedia versi lain