Fak. Tarbiyah
STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SMA NEGERI 1 TONGAUNA KAB KONAWE
ABSTRAK
Ersan Nim 12010101014, Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMAN 1 Tongauna, Kab Konawe, melalui bimbingan Erdiyani, S.Ag, M.Pd, dan Dr. Hj. Nurseha Gazali M.Si.
Kenakalan remaja merupakan salah satu problem yang senantiasa muncul di tengah-tengah masyarakat. Remaja yang banyak dipengaruhi oleh gaya hidup dan berbagai macam cara bergaul seringkali melakukan hal-hal yang menimbulkan kekacauan dan keresahan. kenakalan remaja yang dimaksudkan yaitu segalah pelanggaran baik yang melanggar aturan tata tertib maupun perundang undangan yang dilakukan siswa SMA Negeri 1 Tongauna.
Strategi yang dimaksudkan ialah suatu kegiatan yang terencana yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan remaja yang terjadi di SMA Negeri 1 Tongauna.
Rumusan masalah penelitian ini 1) bentuk-bentuk kenakalan remaja, 2) faktor yang melatar belakangi remaja melakukan kenakalan 3) strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan remaja yang terjadi di SMAN 1 Tongauna, Kab Konawe.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang berusaha mendefinisikan atau menggambarkan suatu gejala, peristiwa atau kejadian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bentuk-bentuk kenakalan remaja yang terjadi di SMAN 1 Tongauna, Kab Konawe tergolong dalam kenakalan ringan seperti bolos sekolah, terlambat hadir di sekolah atau masuk sekolah, tidak patuh kepada guru, melanggar tata tertib sekolah lainya, seperti penampilan, menggunakan HP,merokok. serta kenakalan yang mengarah pada pelanggaran hukum seperti berkelahi, berjudi, minum alkohol. akan tetapi untuk kenakalan khusus seperti free seks, narkoba tidak terjadi di SMAN 1 Tongauna. Selain itu faktor yang mempengaruhi remaja atau siswa melakukan tindakan kenakalan terbagi dalam tiga faktor yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor internal siswa. Adapun strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja yang terjadi di SMAN 1 Tongauna, Kab Konawe, yaitu strategi preventif(menanamkan nilai-nilai positiv, kegiatan keagamaan, dan kerjasama), strategi refresif(menekan/menahan), dan kuratif(rehabilitas).
Tidak tersedia versi lain