Fak. Tarbiyah
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS IV SD NEGERI 1 KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Sitti Hadija Nim. 14010101027. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered head together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono Kabupaten Konawe Selatan”.
Melalui bimbingan Abbas Tekeng, S.Ag. MA.
Pendekatan pembelajaran konvensional yang lebih terpusat pada guru dinilai
kurang efektif dalam mengantarkan siswa mencapai tujuan pembelajaran secara
optimal. Disamping itu, penyajian materi yang monoton dengan metode ceramah
cenderung menciptakan kesenjangan prestasi diantara siswa. Karena itu, dibutuhkan
metode pembelajaran inovatif yang lebih terpusat pada siswa dan menekankan aspek
kerjasama antar siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan alternatif metode
yang tepat dalam hal ini. Karena itulah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian
dengan mengemukakan topik “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono”.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV SD Negeri 1 Kolono.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kolono. Prosedur penelitian ini dilaksanakan
secara berdaur dan terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis
kuantitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajara PAI di Kelas IV SD Negeri 1 Kolono Kabupaten Konawe Selatan. Hal
itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa
dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69.85 dengan persentase ketuntasan belajar
sebesar 65%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat
dengan nilai rata-rata sebesar 72,90 dan persentase ketuntasan sebesar 70%.
Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,50 dan
persentase ketuntasan belajar sebesar 95%. Dengan pencapaian tersebut, indikator
kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa
“penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas IV SD Negeri 1
Kolono” dapat dibuktikan.
Tidak tersedia versi lain