Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN KERTAS PADA ANAK KELOMPOK B TK BATUPOARO KOTA BAUBAU
ABSTRAK
Nursarifah Age, NIM. 140101001043. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam dengan Kertas pada Anak Kelompok B TK Batupoaro Kota Baubau.
(Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA.)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B masih memerlukan banyak stimulasi yang diberikan khususnya pada Kemampuan motorik halus. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Batupoaro Kota Baubau melalui kegiatan menganyam dengan menggunakan media kertas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam dengan kertas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebelum diadakan penelitian tindakan kelas, kemampuan motorik halus anak hanya sebesar 52,78%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas melalui kegiatan menganyam dengan kertas terlihat peningkatan kemampuan motorik halus anak di setiap siklusnya. Pada siklus I, kemampuan motorik halus anak meningkat sebesar 20,06% dari sebelum diberi tindakan menjadi 72,84% dan kembali mengalami peningkatan sebesar 7,72% pada siklus II menjadi 80,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam dengan kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B TK Batupoaro Kota Baubau.
Tidak tersedia versi lain