Fak. Tarbiyah
PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI
ABSTRAK
ARDILLAH HADADDO, NIM.12010101069, Judul:Pengembangan Kepribadian Dosen Pendidikan Agama Islam Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari (Dibimbing oleh Dr. Hj.St. Kuraedah, M.Ag, dan Jumardin La Fua S.Si.,M.Si.)
Skripsi yang berjudul Pengembangan Kepribadian Dosen PAI telah diteliti DI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. bertujuan untuk mengetahui kepribadian dosen PAI, dan pengembangan kepribadian dosen serta relevansi pengembangan kepribadian dosen PAI di FTIK IAIN Kendari yang sesuai dengan UU NO.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 1 Ayat 10.
Metode penelitian yang digunakan untuk mengurai masalah ini adalah metode kualitatif dengan tehnik analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui tehnik wawancara dengan dosen dan mahasiswa FTIK IAIN Kendari, observasi, (pengamatan langsung) terhadap kondisi yang diteliti. Dalam penelitian ini, peneliti mengamati lebih dalam tentang aktivitas Dosen dan Mahasiswa IAIN secara umum. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data melalui trianggulasi tekhnik, sumber dan waktu.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Kepribadian dosen PAI di FTIK IAIN Kendari dalam hal kewibawaan, keteladanan dalam berpakaian dan bertutur kata pada umunya sudah baik, namun sebagian dosen masih perlu melakukan pembenahan. Adapun untuk pengembangan kepribadian dosen dapat dilakukan dengan cara melakukan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan pendidikan dan melakukan kajian-kajian Islam. Sedangkan relevansi kompetensi dosen PAI dengan UU NO.14 Tahun 2005 dari hasil penelitian ditemukan bahwa dosen PAI diharapkan memiliki kepribadian yang sesuai dengan harapan UU utamanya yang berkaitan dengan aspek kedisiplinan yang masih perlu pembenahan.
Tidak tersedia versi lain