Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI ASSESSMENT SEARCH SISWA KELAS X MIPA 7 SMAN 1 KENDARI
ABSTRAK
Melyanti, “Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Assessment Search Siswa Kelas X MIPA 7 SMAN 1 Kendari,“ Jurusan Pendidikan Islam melalui bimbingan Dr .H. Herman, M.Pd.I
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Strategi Assessment Search dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X MIPA 7 SMAN 1 Kendari?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Assessment Search Siswa Kelas X MIPA 7 SMAN 1 Kendari dan untuk mengetahui penerapan Strategi Assessment Search dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas X MIPA 7 SMAN 1 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I dan II, pembelajaran Pendidikan Agama Islam diterapkan dengan menggunakan strategi assessment search. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas X MIPA 7 SMAN 1 Kendari semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes siklus dan lembar observasi bagi guru dan siswa dalam pelaksanaan tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, essay test dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I baru mencapai 66,25%, meningkat pada siklus II menjadi 95%. Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I baru mencapai persentase 53,57% meningkat pada siklus II menjadi 92,85%. Peningkatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi assessment search membawa dampak positif pada prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Berdasarkan hasil tes tindakan siklus I, ketuntasan klasikal mencapai mencapai 72,98% atau 27 siswa dari 37 siswa yang tuntas KKM atau memperoleh nilai kurang dari 70. Meningkat pada siklus II menjadi 94,60% tuntas secara klasikal, artinya 35 siswa dari 37 siswa tuntas KKM atau memperoleh nilai lebih dari 70. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi assessment search dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X MIPA 7 SMAN 1 Kendari.
Tidak tersedia versi lain