Fak. Tarbiyah
STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 3 UNAAHA KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
NURMIATI, NIM. 12010101039, Judul: Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 3 Unaaha Kabupaten Konawe (Dibimbing Oleh: Dr. Suprianto, M.Ag dan Isna Humaera, S.Ag., S.Pd., M.Pd)
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan strategi guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan remaja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk kenakalan siswa di SMP Negeri 3 Unaaha Kabupaten Konawe? 2) Bagaimana strategi guru bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP Negeri 3 Unaaha Kabupaten Konawe? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Unaaha Kabupaten Konawe. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) sejak bulan Agustus sampai Oktober 2015.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengamatan dan dokumntasi. Sumber data dalam penelitian adalah guru dan kepala sekolah SMP Negeri 3 Unaaha. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yang terdiri atas tiga tahapan penting, yakni pengumpulan data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Bentuk kenakalan siswa di SMP Negeri 3 Unaaha Kabupaten Konawe adalah mengganggu ketenangan masyarakat, mencoret-coret fasilitas umum, melakukan intimidasi/ bullying terhadap siswa lain, dan merokok. 2) Strategi guru bimbingan konseling dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP Negeri 3 Unaaha Kabupaten Konawe adalah: a) Tindakan preventif, yakni usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kenakalan siswa yang meliputi; Memberikan pemahaman agama dan penanaman akhlak kepada siswa, Memberikan perhatian pada siswa, dan Memberikan contoh yang baik terhadap siswa. b) Tindakan represif, yakni penegakan hukuman terhadap pelanggaran peraturan oleh siswa
Tidak tersedia versi lain