Fak. Tarbiyah
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUHAJIRIN KELURAHAN WATUBANGGA KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI
ABSTRAK
Hikmawati Nawir, Nim 12010103030. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari”. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Melalui Bimbingan Drs. Masdin, M.Pd
Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin. Dengan rumusan masalah Bagaimanakah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari dan apakah faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari dan Untuk mengetahui faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kwalitatif. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang sistematis terhadap gejala-gejala yang diteliti. kepemimpinan kepala sekolah dalam penelitian ini adalah kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh kepala sekolah dalam melaksanakan perannya sebagai educator (pendidik), manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan sebagai motivator. Sedangkan Kinerja guru dalam penelitian ini adalah prestasi kerja yang dicapai oleh guru setelah melaksanakan tugas pokoknya, yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan mengevaluasi siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hal-hal yang dilakukan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin yaitu 1) Meningkatkan disiplin para guru, 2) Pemberian motivasi, 3) Pemberian penghargaan kepada guru yang berprestasi, 4) Memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan profesinya melalui seminar dan workshop, 5) Memberikan dorongan dan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan studi, 6) Memperhatikan kebutuhan guru secara jelas, 7) Pengaturan suasana kerja dan lingkungan fisik yang baik, 8) Penambahan sarana dan prasaran. Kemudian Faktor penghambat kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin dalam rangka meningkatkan kinerja guru yaitu 1) terdapat beberapa guru yang usianya sudah usia lanjut, 2) mayoritas gurunya masih berstatus honorer 3) tidak linearnya antara mata pelajaran yang diajarkan dengan pendidikannya. Selanjutnya Upaya yang dilaksanakan kepala madrasah untuk menghadapi kendala-kendala dalam rangka meningkatkan kinerja guru yaitu 1) mengurangi jam mengajar, 2) Memberikan sertifikasi guru. 3) Mengikutkan pelatihan dan seminar.
Tidak tersedia versi lain