Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADTOGETHER(NHT) DI MIN 2 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Nurzil Amri, NIM. 12 01 01 04 008, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Di MIN 2 Konawe Selatan, Melalui Bimbingan Dr. H. Herman, M.Pd.I dan Fahmi Gunawan, S.S, M.Hum
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah atau belum mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 65 yang di tetapkan oleh MIN 2 Konawe Selatan, adapun tingkat keberhasilan siswa hanya mencapai 33.33% atau hanya 8 siswa yang mencapai nilai KKM dari 24 siswa, belum pernah diterapkannya metode Number Heads Together di MIN 2 Konawe Selatan dan siswa kurang berminat dalam menerima pelajar, hal ini dikarenakan 1. Model pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, 2. Siswa mencatat tanpa adanya penjelasan, 3. Siswa tidak dilibatkan dan diberi kesempatan untuk berlatih mengemukakan pendapat, 4. Kurang adanya penekanan pada keterampilan pembelajaran (mencoba metode lain). Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu di adakan perubahan paradigma baru, yaitu dari metode konvensional ke metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Adapun model pembelajaran yang dimaksud yaitu model pembelajaran Number Heads Together (NHT). Model pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB MIN 2 Konsel.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas dan hail belajar siswa kelas VB melalui metode NHT pada mata pelajaran IPS di MIN 2 Konawe Selatan. Sedangkan manfaat yang diharapkan pada penelitian ini adalah 1. Bagi peneliti, sebagai latihan dalam melakukan penelitian secara ilmiah, 2. Bagi siswa, meningkatkan aktivitas dan hasil blajar dalam proses pembelajaran,dapat mengatasi masalah dalam menyelesaikan tugas, saling kerja sama, berpartisipasi aktif dalam proses kegiatan belajar mengejar. 3. Bagi guru, dapat menambah wawasan terhadap penggunakan metode pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi dalam upaya mengembangkan profesi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, dengan subjeknya siswa kelas VB MIN 2 Konawe Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini, dibuktikan dengan hasil uji tes ketuntasan belajar secara klasikal dan hasil observasi aktivitas siswa. Angka persentasi hasil belajar siswa yang tuntas adalah siklus I pertemuan pertama sebesar 73.33% dengan rata-rata 7.71, siklus ke II meningkat menjadi 94.44% dengan rata-rata 8.87. Angka persentasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 69.04%, pertemuan ke dua 83.92%, dan siklus II pertemuan pertama sebesar 97.32% dan pertemuan ke dua 99.10%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Tidak tersedia versi lain