Fak. Tarbiyah
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU SMPNEGERI 52 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Indra Sari, Nim,12010103021, “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMP Negeri 52 Konawe Selatan”.(Dibimbing Oleh: Dr. H. Pairin, MA).
Skripsi ini mengkaji Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMP Negeri 52 Konawe Selatan kecamatan Kolono Timur Kabupaten Konawe Selatan. Dengan permasalahan (a) Bagaimana peran kepala sekolah di SMP Negeri 52 Konawe Selatan dan Kendala Apa yang dihadapi kepala sekolah? (b) Bagaimana Peran kepala Sekolah menjalankan Fungsi-fungsinya yaitu :Kepala Sekolah Sebagai Pendidik, Kepala sekolah Sebagai Manejer, Kepala Sekolah Sebagai Administrator, Kepala Sekolah Sebagai Super Visor,Kepala sekolah Sebagi Leader dan Kepala Sekolah Sebagai Motovator ? (c) Bagaimana Disiplin kerja Guru di SMPN 52 Konawe Selatan?. Masalah ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan penelitian kualitatif.
Penelian ini bertujuan mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan disiplin Kerja Guru di SMP Negeri 52 Konawe Selatan, secara khusus penelitian ini bertujuan (a) Peran kepala Sekolah dan kendala yang dihadapi (b) Untuk mengetahui Fungsi Kepala sekolah di SMPN 52 Konawe Selatan (c) Untuk mengetahui Disiplin kerja guru di SMPN 52 Konawe Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk pendapat, pandangan atau ungkapan pemikiran lain yang diperoleh melalui hasil wawancara atau intervie. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi (pengamatan), interview/wawancara, dan dokumentasi.Sedang sumber data penelitian ini meliputi, Kepala sekolah dan Guru - guru. Dijadikannya mereka sebagai obyek informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkompoten memberikan keterangan atau data yang berhubungan erat masalah yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (a) Peran Kepala Sekolah di SMPN 52 Konawe Selatan ini belum bisa dikatakan baik. Karena masih memiliki beberapa kendala yang dihadapi (b) Perna kepala sekolah dalam menjalankan fungsinya di SMPN 52 Konawe selatan ini.Kepala sekolah sudah melakukan semua fungsinya namunbelum maksimal dengan baik. (c) Disiplin Kerja guru di SMPN 52 Konawe selatan sudah baik dari tahun-tahun sebelumnya walaupun masih ada guru yang belum disiplin dalam bekerja.
Hasil penelitian menunjukkan peran kepala sekolah dalam meningktakan disiplin kerja guru di SMPN 52 Konawe Selatan, memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan disipli kerja guru, segala kebijakn yang dilakukan kepala sekolah selalu melakukan bersama-sama dan saling memberikan motivasi dengan guru sehinga tercipta kerja sama yang baik. Hal ini menunjukkan Peran Kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMPN 52 Konawe selatan menjadi kunci dalam perkembangan sekolah.
Tidak tersedia versi lain