Fak. Tarbiyah
PERAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN 8 POASIA KOTA KENDARI
ABSTRAK
IRAWATI Nim, 12010103025, “PeranManajemen KepalaSekolahdalamMeningkatkan Kinerja Guru di SDNegeri8 Poasia Kota Kendari”. (Dibimbing Oleh: Dra. Hj. Marlina, M.Pd.I
Penelitian ini mengkaji tentang Peran Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 8 Poasia Kota Kendari. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 8 Poasia Kota Kendari. Skripsi ini bertujuan untuk Mengetahui Peran manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru di SDN 8 Poasia Kota Kendari dan Untuk Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru di SDN 8 Poasia Kota Kendari.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan menggambarkan objek penelitiansesuaihasilpengamatandanpengkajian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga metode, yakni reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Sedang sumber data penelitian ini meliputi, Kepala sekolah,Guru-guru dan peserta didik. Dijadikannya mereka sebagai obyek informan sebab peneliti menilai bahwa mereka inilah yang berkompoten memberikan keterangan atau data yang berhubungan erat masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranmanajemen kepalasekolahdalammeningktakan kinerja guru di SDN 8 Poasia Kota Kendari sudah terlaksanakan dengan baik, haliniditunjukandengan:Menyediakan fasilitaas yang diperlukan dalam proses pembelajaran;Menghimbau/mengingatkan guru untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan;Memberikan kebebasan kepada guru dalam penggunaan metode pembelajaran;Melakukan pengaturan meja guru untuk mempermudah komunikasi;Melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan pembelajaran;Memberikan motivasi, arahan dan contoh kepada guru;Memberikan teguran kepada guru yang kurang disiplin dan kepala sekolah terbuka dalam memberikan teladan kepada guru. Peran tersebut bisadikatakan efektif dalam meningkatkan kinerja guru sebab kinerja guru menjadi lebih baik dan tertib mulai dari merencanakan, melaksanakan pembelajaran hingga evaluasi/penilaian pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain