Fak. Tarbiyah
ABSTRAK Nurjayanti, Nim, 11 01 01 01 115, “Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan”. (Dibimbing Oleh: Drs. Amri, M.Th.I Dan La Hadisi, S.Ag. M.Pd.I) Skripsi ini mengkaji profesionalisme guru PAI terhadp prestsi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. Dengan permasalahan (apakah profesionalosme guru PAI berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa di sma negeri 1 wawonii kecamatan waonii barat). Penelitian ini bertujuan (a). untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru PAI di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (b). untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (c). untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. Populasi penelitian kelas XI sebanyak 108 siswa sebagai responden yang ditentukan secara purposive sampling (sampling pertimbangan) dari jumlah keseluruhan siswa, dengan demikian sampelnya adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, DAN XI IPS 3 yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrument variable X dan Y, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data variable X dan Y, dan anasilis inferensial yang ditempuh dengan (a) Uji persyaratan analisis varibel X dan Y, untuk mengetahui normal dan tidaknya data penelitian, dan (b) pengujian hipotesis yang menggunakan alat uji product moment, Kd, dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Prestasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii termassuk dalam kategori rendah yang didukung oleh 18 orang responden dengan presentase 37,5%. 2). Prestasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii termasuk dalam kategori sedang yang didukung oleh 19 orang responden dnegan prestase 39,58%. 3). Terdapat pengaruh negative yang tak berarti dan signifikan profesionalisme guru PAI terhdap pretasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii, hasil ini karena (-0,01 0,2403), berbanding lurus uji signifikan dimana (-0,06 1,67866), dengan besarnya sumbangan variable profesionalisme guru PAI member sumbangan bagi prestasi belajar siswa = 2,38% dapat dikatakan ditentukan oleh varians yang terjadi pada variable X. sisanya sebesar 97,62% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bahasan penelitian ini. Kata Kunci: Profesionalisme Guru PAI Dan Prestasi Belajar Siswa
ABSTRAK
Nama penyusun : Hijrawati
Nim : 12010104018
Judul penelitian : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make AMatchPada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 10 Baruga Kota Kendari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SDN 10 Baruga Kota Kendari.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Baruga Kota Kendari. Dengan jumlah siswa yaitu 20 orang, siswa laki-laki berjumlah 9 orang dan siswa peremuan berjumlah 9 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Waktu pelaksanaan setiap pertemuan yaitu 2x35 menit, disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar mencapai 80%.
Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada siswa kelas V di SDN 10 Baruga. Dapat berlangsung dalam suasana yang menyenangkan, antusias siswa dalam pembelajaran, dan siswa menjalin komunikasi yang baik dengan teman sekelas saat pembelajaran. Hasil belajar IPA siswa kelas V di lihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada pra siklus dengan nilai sebesar 63,94, siklus I sebesar 69,82 dan siklus II sebesar 79,27. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus sebesar 61,11%, siklus I sebesar 72,22% dan siklus II yaitu sebesar 88,89%. Dengan presentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan nilai 11,11%, siklus I ke siklus II dengan nilai 16,67%, dari pra siklus ke siklus II dengan nilai 27,78%. Melihat hasil belajar siswa yang meningkat pada setiap siklusnya maka penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 10 Baruga Kota Kendari.
Tidak tersedia versi lain