Gaya APA
Hijrawati, . (2016).
ABSTRAK
Nurjayanti, Nim, 11 01 01 01 115, “Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan”. (Dibimbing Oleh: Drs. Amri, M.Th.I Dan La Hadisi, S.Ag. M.Pd.I)
Skripsi ini mengkaji profesionalisme guru PAI terhadp prestsi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. Dengan permasalahan (apakah profesionalosme guru PAI berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa di sma negeri 1 wawonii kecamatan waonii barat).
Penelitian ini bertujuan (a). untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru PAI di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (b). untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (c). untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan.
Populasi penelitian kelas XI sebanyak 108 siswa sebagai responden yang ditentukan secara purposive sampling (sampling pertimbangan) dari jumlah keseluruhan siswa, dengan demikian sampelnya adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, DAN XI IPS 3 yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrument variable X dan Y, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data variable X dan Y, dan anasilis inferensial yang ditempuh dengan (a) Uji persyaratan analisis varibel X dan Y, untuk mengetahui normal dan tidaknya data penelitian, dan (b) pengujian hipotesis yang menggunakan alat uji product moment, Kd, dan Uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Prestasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii termassuk dalam kategori rendah yang didukung oleh 18 orang responden dengan presentase 37,5%. 2). Prestasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii termasuk dalam kategori sedang yang didukung oleh 19 orang responden dnegan prestase 39,58%. 3). Terdapat pengaruh negative yang tak berarti dan signifikan profesionalisme guru PAI terhdap pretasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii, hasil ini karena (-0,01 0,2403), berbanding lurus uji signifikan dimana (-0,06 1,67866), dengan besarnya sumbangan variable profesionalisme guru PAI member sumbangan bagi prestasi belajar siswa = 2,38% dapat dikatakan ditentukan oleh varians yang terjadi pada variable X. sisanya sebesar 97,62% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bahasan penelitian ini.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru PAI Dan Prestasi Belajar Siswa .
iain kendari:
IAIN Kendari Press.
Gaya MLA
Hijrawati, .
"ABSTRAK
Nurjayanti, Nim, 11 01 01 01 115, “Pengaruh Profesionalisme Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan”. (Dibimbing Oleh: Drs. Amri, M.Th.I Dan La Hadisi, S.Ag. M.Pd.I)
Skripsi ini mengkaji profesionalisme guru PAI terhadp prestsi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. Dengan permasalahan (apakah profesionalosme guru PAI berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa di sma negeri 1 wawonii kecamatan waonii barat).
Penelitian ini bertujuan (a). untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru PAI di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (b). untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (c). untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Wawonii Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan.
Populasi penelitian kelas XI sebanyak 108 siswa sebagai responden yang ditentukan secara purposive sampling (sampling pertimbangan) dari jumlah keseluruhan siswa, dengan demikian sampelnya adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, DAN XI IPS 3 yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrument variable X dan Y, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif terhadap data variable X dan Y, dan anasilis inferensial yang ditempuh dengan (a) Uji persyaratan analisis varibel X dan Y, untuk mengetahui normal dan tidaknya data penelitian, dan (b) pengujian hipotesis yang menggunakan alat uji product moment, Kd, dan Uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Prestasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii termassuk dalam kategori rendah yang didukung oleh 18 orang responden dengan presentase 37,5%. 2). Prestasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii termasuk dalam kategori sedang yang didukung oleh 19 orang responden dnegan prestase 39,58%. 3). Terdapat pengaruh negative yang tak berarti dan signifikan profesionalisme guru PAI terhdap pretasi belajar siswa SMA Negeri I Wawonii, hasil ini karena (-0,01 0,2403), berbanding lurus uji signifikan dimana (-0,06 1,67866), dengan besarnya sumbangan variable profesionalisme guru PAI member sumbangan bagi prestasi belajar siswa = 2,38% dapat dikatakan ditentukan oleh varians yang terjadi pada variable X. sisanya sebesar 97,62% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bahasan penelitian ini.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru PAI Dan Prestasi Belajar Siswa".
iain kendari:
IAIN Kendari Press,
2016.
Fak. Tarbiyah.