Fak. Tarbiyah
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PAI DALAM MEWUJUDKAN VISI DAN MISI DI MTS NEGERI 1 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
MAEMUNAH, NIM. 12010103043, “Implementasi Manajemen Kurikulum PAI Dalam Mewujudkan Visi dan Misi di MTs Negeri 1 Konawe Selatan” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Majemen Pendidikan Islam Melalui Bimbingan Aliwar, S. Ag, M. Pd
Penerapan dan pelaksanaan manajemen kurikulum PAI dalam mewujudkan visi dan misi Madrasah mempengaruhi cara berpikir, tingkah laku, komunitas sekolah. Oleh karena itu visi dn misi sekolah menjadi acuan guru dalam menyusun dan mengembangakan kurikulum. Karena kurikulum menjadi sarana untuk menyampaikan visi dan misi kepada peserta didik melalui proses belajar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, pengelolahan data menggunakan pengecekan reduksi data, display data, dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan data menggunakan Perpanjang pengamatan, Peningkatan ketekunan, Triangulasi, Analisis kasus negative, dan Member chek.
Temuan penelitian ini menggambarkan bahwa manajemen kurikiulum PAI pada aspek perencanaan, guru PAI dituntut menyusun perogram pembelajaran di sesuaikan dengan visi dan misi madrasah. Sedangkan pada aspek Pelaksanaan meliputi kegiatan motivasi, kepemimpinan (pengarahan), pengambilan keputusan, komunikasi, koordinasi dan negosiasi (bimbingan), serta dibantu dengan kegiatan ekstra kurikuler yang terdiri dari baca tulis alquran, tahfids, kaligrafi, dan sholat berjamaah, dan pada aspek evaluasi dilakukan secara bertahap dengan Penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang menjadi acuan dalam melakukan penilaian sehingga dapat mengetahui apakah siswa berkembang secara optimal atau tidak. sehingga visi dan misi di MTs Negeri 1 Konawe Selatan dapat terwujud dengan baik.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi para mahasiswa, tenaga pendidik, peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Kendari, baik sebagai bahan reverensi, rujukan, terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi agar lebih berprestasi.
Tidak tersedia versi lain