Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK- BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA KOTAK PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK MUTIARA KOTA BAU-BAU
ABSTRAK
Wa Ima, Nim. Nim.Kl. 140101010304, Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Bentuk-bentuk Geometri Melalui Media Kotak Pintar Pada Peserta Didik Kelompok A Di Taman Kanak-kanak Mutiara Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau ( Dibimbing Oleh: La Hadisi, S.Ag.,M.Pd.I).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan memahami bentuk-bentuk geometri anak didik kelompok A Taman Kanak-kanak Mutiara masih rendah. Penyebabnya adalah proses pembelajaran geometri menekankan pengajaran yang berpusat pada guru. Selain itu masih kurangnya media dan sumber belajar yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran geometri. Tujuan penelitian adalah Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk–bentuk geometri pada peserta didik kelompok A Taman Kanak-kanak Mutiara Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum Kota Baubau melalui media kotak pintar
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mutiara Kelurahan Langgama Tahun Ajaran 2015-2016, sebanyak 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, data yang diperoleh dan dianalisa menggunakan teknik hitung persentase. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus pada setiap siklusnya ada satu kali pertemuan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan bermain kotak pintar pada anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mutiara Kelurahan Langgama mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada pra tindakan sebesar 57,2 % yang berada pada kriteria cukup, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75% yang berada pada kriteria baik, dan mengalami peningkatan signifikan pada siklus II sebesar 84,46% berada pada criteria sangat baik. Pada siklus 1 keterampilan mengenal bentuk geometri anak mengalami peningkatan sebesar 17,8 % dari pra tindakan dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,46 %
Tidak tersedia versi lain