Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA DINI
ABSTRAK
NenySuryani.Burhanuddin, NIM.KL.14010101030, MeningkatkanKemampuan
MengenalWarnaMelaluiMetode Discovery PadaAnakUsiaDini,DibimbingOleh Dr. Samrin, M.Pd.I
Penelitianinibertujuanmeningkatkankemampuanmengenalwarnamelaluimetode Discovery di kelompokB,TK.KemalaBhayangkariBaubau.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelaskolaboratif yang menggunakan model kemmisdan mc taggart. Subyekpadapenelitianiniadalahanakkelompok B TK.KemalaBhayangkariBaubau yang berjumlah 18 yang terdiridari 10 orang laki-lakidan 8 orang perempuan. Metodepengumpulan data yang di gunakanadalahmetodeobservasidandokumentasi.Instrument yang di gunakanadalahlembarobservasi (check list), teknikanalisis data dilakukansecaradeskriptifkualitatifdankuantitatif.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanmengenalwarnameningkatsetelahadanyatindakan.Langkah-langkah yang ditempuhsehinggadapatmeningkatkankonsepwarnaadalah guru menyiapkan media permainanwarnaseperti bola warna,kertaswarna, cat air dan crayon. Dan mendemonstrasikancarabermainnya. Selainituadatriksulapuntukmengetahuipencampuranwarna.Kemampuanmengenalwarnaanak di TK.KemalaBhayangkariBaubau, dapatditingkatkanmelaluibeberapapermainanwarna. Hal inidapatdibuktikandarihasilobservasipratindakan ,siklus I dansiklus II. Kemampuanmengenalwarnaanakpadapratindakanmenunjukkan rata-rata persentase 46,29%, padasiklus I meningkatmencapai 63,70% danmeningkatmencapaipersentase 87,04%.
Tidak tersedia versi lain