Fak. Tarbiyah
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS III SD NEGERI 2 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
La Ntawu, Nim. 14010101026. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe
Modeling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PAI Di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kabupaten Konawe Selatan”
melalui bimbingan Dra. Hj. Marlina Gazali, M.Pd.I.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the
way di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kecamatan Laeya
Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Reserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis
data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis secara
kuantitatif.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran
aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PAI di Kelas III SD Negeri 2 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Hal itu
berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa
dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68.73 dengan persentase ketuntasan belajar
sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I dilakukan maka hasil belajar siswa
meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 70,36 dengan persentase ketuntasan sebesar
63,64%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi
74,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 81,82%. Dengan pencapaian tersebut,
indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang
menyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas III SD Negeri 2
Laeya.
Kata kunci: hasil belajar siswa, strategi pembelajaran aktif, modeling the way
Tidak tersedia versi lain