Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN PETI HARTA KARUN PADA ANAK KELOMPOK A TK WASINTALALO KECAMATAN BATUPOARO KOTA BAUBAU
ABSTRAK
TASIBA SAAMU. 14010101049. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Peti Harta Karun Pada Anak Kelompok A TK Wasintalalo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau.
(Di bimbing oleh: Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang muncul berkaitan dengan rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Wasintalalo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau. Hal tersebut terjadi karena guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran sehingga anak cenderung tidak tertarik dan merasa bosan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak dengan menggunakan permainan peti harta karun di TK Wasintalalo.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui permainan peti harta karun dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Wasintalalo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai permainan kartu kata dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Wasintalalo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskripsi kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf setelah melalui permainan peti harta karun berdampak positif. Kemampuan mengenal huruf pada anak mengalami peningkatan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. Persentase kemampuan anak pada tiap siklusnya mengalami peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemamapuan mengenal huruf anak sebesar 56,17%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,49%. Dan kembali meningkat pada siklus III menjadi 91,84%.
Tidak tersedia versi lain