Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK DALAM AL-QUR’AN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS IVSDN 72 BATU LAMBURI KECAMATAN KEPULAUAN MASALOKA RAYA KABUPATEN BOMBANA
ABSTRAK
Kaharudin:14010101015,PeningkatanKemampuan MenghafalSurah-Surah Pendek Melalui Penerapan ModelPembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN72BatuLamburiKecamatanKepulauanMasalokaRaya Kabupaten Bombana
Penelitianinidilakukan dikelasIVSDN72BatuLaburiKecamatan Kepulauan MasalokaRaya Kabupten bombana. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untukmenggambarkanpelaksanaanpembelajaranmenghafalbacaansurah- surahpendek melaluipenerapan modelpembelajaranCardSort danuntuk menggambarkan kemampuanmenghafalbacaansurah-surahpendekmelalui penerapan model pembelajaranCard Sort.
Jenispenelitianiniadalah PenelitianTindakanKelas(PTK).Adapunfaktor yang ditelitiyaituguru, anakdidikdan sumberpelajaran.Langkah-langkahpenelitian dilakukanyaituperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi.Kegiatantersebut dilakukanpadasiklusIdanII.Sedangkantehnikpengumpulandatamenggunakan observasi dandokumentasi.Tehnik analisisdata menggunakanrumus mean= dan
P persentase).Sedangkanpengelolaandataditempuhdengananalisis hasil refleksi dari prasiklus siklus I dan II dengan indikator kerja keberhasilan
mencapai kategorinilai70dalamhalinimuriddinyatakanmencapaikeberhasilan belajar secaraperorangan,dandikatakan telahmencapaikeberhasilanbelajarsecara klasikalapabila muridtelahmendapatkankeberhasilandengan kategori80%dari jumlah siswa yang ada.
Hasilpenelitianmenunjukanbahwadengan menerapkanmetodeCardSort dapat meningkatkankemampuanmenghafalsurah-surahpendek.Halituberdasarkan perolehan nilaipersentasekeberhasilan kelaspadatindakan prasiklussebesar 9,2% kemudianmengalamipeningkatansetelahdiberikantidakansiklusI sebesar54,5%. PadatindakansiklusII mengalamipeningkatansebesar78.Sedangkansecara persentase peningkatan dari tindakan prasiklus ke siklus II sebesar 100%.
Tidak tersedia versi lain