Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SD NEGERI 10 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Wamia, Nim. Kl.14010101008. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI
di Kelas V SD Negeri 10 Laeya”. melalui bimbingan Dr. H. Moh. Yahya Obaid,
MA.
Rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran merupakan salah
satu kendala yang dihadapi guru di kelas. Hasil evaluasi seringkali menunjukkan
adanya kesenjangan, dimana sebagian siswa telah mengalami ketuntasan belajar
sedang sebagian besarnya memiliki perolehan nilai dibawah standar ketuntasan.
Untuk mengetaskan masalah di atas, maka siswa harus dikondisikan dalam suasana
pembelajaran yang saling membelajarkan. Karena itu, peneliti tertarik untuk
menerapkan model pembelajaran kooperatif di kelas.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 10 Laeya?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari
dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan secara deskriptif kulitatif dan peningkatan hasil belajar siswa
dianalisis secara kuantitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI
di kelas V SD Negeri 10 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Berdasarkan atas hasil
evaluasi pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69.85
dan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Setelah tindakan siklus I dilakukan,
hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,90 dan persentase
ketuntasan sebesar 70%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas
meningkat menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Dengan
pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis
tindakan yang menyatakan bahwa “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD
Negeri 10 Laeya” dapat dibuktikan.
Tidak tersedia versi lain