Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMAISLAM BIDANG STUDI (PAI) MELALUI PENERAPAN(TEAM GAMES TOURNAMENT)PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI03 KOLONO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Shohibah 2016. "Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kolono.” Dibimbing oleh Dr. Abdul Kadir, M. Pd.
Rumusan penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu 52 atau 15 siswa yang belum tuntas dari 29 siswa dan yang sudag mencapai ketuntasan baru 48 atau 14 orang. Oleh karena itu, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Kolono Kabupaten Konawe Selatan tahun ajaran 2015/2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di kelas IV SD Negeri 03 kolono tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 24 siswa dengan klasifikasi 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus kegiatan setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Penelitian dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan menggunakan tehnik wawancara kepada observer yang sebagai guru kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa 85% yang telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yakni ≥ 65. Pada tindakan siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60% atau 18 orang telah mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 69 dan pada tindakan siklus II terus mengalami peningkatan menjadi 85% atau 21 orang telah tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IV Negeri 03 Kolono kabupaten Konawe Selatan.
Tidak tersedia versi lain