Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 7 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Isna Musnawati, Nim. 14010101025. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PAI Melalui Penerapan Metode Index Card Match di Kelas V SD
Negeri 7 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Melalui bimbingan Dr. Samrin,
M.Pd.I
Upaya menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran merupakan
salah satu tugas guru sebagai pengelola pembelajaran untuk mengoptimalkan
penguasaan siswa terhadap kompetensi mata pelajaran yang diajarkan. Hal itu antara
lain dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang menarik yang
dapat melibatkan siswa secara fisik maupun mental. Diantara metode pembelajaran
alternatif yang dapat diterapkan adalah metode index card match.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan
metode Index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PAI di kelas V SD Negeri 7 Laeya Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Reserch). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan lembaran
observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar
siswa dianalis dengan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode index card
match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas V SD
Negeri 7 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi
pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas
sebesar 69.88 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 70,83%. Setelah tindakan
siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar
72,42 dengan persentase ketuntasan sebesar 70,83%. Selanjutnya, pada siklus II nilai
rata-rata kelas meningkat menjadi 76,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar
100%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai
sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan metode index card
match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD
Negeri 7 Laeya dapat dibuktikan.
Tidak tersedia versi lain