Fak. Tarbiyah
ABSTRAK Dahlia Nim. 14010101024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Penerapan Strategi The Power of Two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Melalui bimbingan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan strategi pembelajaran the power of two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Siklus penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 68,73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 71,68 dan persentase ketuntasan sebesar 72,73%. Mengingat persentase ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mencapai 76,95 dan persentase ketuntasan sebesar 90,91%. Persentase ketuntasan belajar tersebut telah melampaui indikator kinerja yang mensyaratkan “75% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi the power of two berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari.
ABSTRAK
Suhaya, NIM. 14010101021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PAI melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Information Search di
Kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari. Melalui bimbingan Dr. Samrin,
M.Pd.I
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe information
search di kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari. Masalah yang
dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran aktif
tipe information search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PAI di kelas III SD Negeri 10 Mandonga Kota Kendari?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik
tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan
kuantitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode information
search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas III SD
Negeri 10 Mandonga Kota Kendari. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya.
Sebelum pelaksanaan tindakan (pra penelitian) hasil belajar siswa menunjukkan nilai
rata-rata kelas sebesar 69.87 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65,22%.
Setelah siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,13
dengan persentase ketuntasan sebesar 73.91%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II,
nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,04 dan persentase ketuntasan belajar
sebesar 95,65%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat
dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “penerapan metode
information search dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI
di kelas III SD Negeri 10 Mandonga” dapat dibuktikan.
Kata Kunci: hasil belajar siswa, model pembelajaran aktif tipe modeling the way
Tidak tersedia versi lain