Gaya APA
SUHAYA, . (2016).
ABSTRAK
Dahlia Nim. 14010101024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Penerapan Strategi The Power of Two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Melalui bimbingan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan strategi pembelajaran the power of two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Siklus penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 68,73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 71,68 dan persentase ketuntasan sebesar 72,73%. Mengingat persentase ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mencapai 76,95 dan persentase ketuntasan sebesar 90,91%. Persentase ketuntasan belajar tersebut telah melampaui indikator kinerja yang mensyaratkan “75% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi the power of two berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. .
iain kendari:
IAIN Kendari Press.
Gaya MLA
SUHAYA, .
"ABSTRAK
Dahlia Nim. 14010101024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Penerapan Strategi The Power of Two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Melalui bimbingan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui penerapan strategi pembelajaran the power of two di Kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari. Siklus penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga. Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil evaluasi pra tindakan diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 68,73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59,09%. Setelah tindakan siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 71,68 dan persentase ketuntasan sebesar 72,73%. Mengingat persentase ketuntasan belajar siswa belum memenuhi indikator kinerja sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mencapai 76,95 dan persentase ketuntasan sebesar 90,91%. Persentase ketuntasan belajar tersebut telah melampaui indikator kinerja yang mensyaratkan “75% dari siswa mengalami ketuntasan belajar”. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi the power of two berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas I SD Negeri 19 Baruga Kota Kendari.".
iain kendari:
IAIN Kendari Press,
2016.
Fak. Tarbiyah.