Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEK CARD MATCH SISWA KELAS VI SDN 36 PULAU TAMBAKO KECAMATAN MATAOLEO KABUPATEN BOMBANA
ABSTRAK
Ariati, KL. 14010101014“Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI melalui Penerapan Model Pembelajaran Indek Card Match Siswa Kelas VI SDN 36 Pulau Tambako Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaranindex card match dapat meningkatkan hasilbelajar PAI padaSiswaKelas VI SDN 36 PulauTambakoKecamatanMataoleoKabupatenBombana?Peneltian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas VI setelah diterapkan model pembelajaran indek card match di SDN 36 PulauTambakoKecamatanMataoleoKabupatenBombana.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN 36 Pulau Tambako Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajar; tesawalsebelumpemberiantindakan, tessiklus I dan II danlembarobservasibagi guru dansiswa.Prosedurpenelitianiniterdiridari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi.
Hasilpenelitianinimenunjukanbahwahasilpembelajaran PAIsiswakelasVI SDN 36 PulauTambakosebelumditerapkannyamodel pembelajaranindek card matchhasil rata-rata belajarsiswasebesar 63 denganpersentase 55 %, sedangkanhasilbelajarsetelahditerapkanmodel pembelajaranindek card matchpadasiklus I nilai rata-rata sebesar68,45denganpersentase 65% danpadasiklus IImenunjukanpeningkatan yang ssangatsignifikandengannilai rata-rata siswasebesar 78,3denganpersentase 95%.
Dengandemikianmodel pembelajaranindek card matchdapatmeningkatkanhasilpembelajaranPendidikan Agama Islam siswakarenahasilbelajar yang diperolehpadasiklus I dansiklus II padabidangstudiPendidikan Agama Islam terjadipeningkatanhasilbelajardarihasiltesawal. Sebelumditerapkannyamodel pembelajaranindek card matchpersentasehasilbelajarsebesar63 (55%) dansesudahditerapkannaikmenjadi68,45 (80%) padasiklus I,namunbelummencapaiindikatorkinerja yang telahditetapkan. Selanjutnyanilai rata-rata siswapadasiklus II meningkatdibandingkandengannilai rata-rata siklus I yang dari68,45menjadi78,3dantelahmemenuhiindikatorkinerja yang telahditetapkanyaitu95% siswatelahmendapatnilai>70.
Tidak tersedia versi lain