Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
SittiNursiah. Nim 14010101007. PeningkatanPrestasiBelajarPendidikan Agama Islam (PAI) MelaluiPenerapan Model Pembelajaran Listening Team PadaSiswaKelas V SD Negeri 02 LaeyaKabupatenKonawe Selatan. dibimbingolehDra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Permasalahanutamapadapesertadidik yang dialamikelas V SDN 02 Laeyayaitu model pembelajaran yang digunakan guru dalamkegiatanbelajarmengajar PAI masihkonvensionaldanmengakibatkansiswakeluarmasuksaat PBM, kurangnyamotivasimenulis, dan lain sebagainya. sehinggaaktivitasdanprestasipesertadidikmasihrendah. Olehkarenaitu, diperlukan model pembelajaran yang lebihmenarik, salahsatudiantaranyaadalahdengan model Listening Team.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiupayameningkatkanprestasibelajar PAI melalui model Listening Team padakelas V SDN 02 Laeya
Penelitianinimenggunakanstuditindakan (Action Research) padapesertadidikkelas V SDN 02 Laeyadenganduasiklus.Model pengumpulandatanyamenggunakantes, observasidandokumentasi.Data yang terkumpuldianalisismenggunakananalisis statistic deskriptif.
Prestasibelajarpesertadidikjugadapatditingkatkandenganmenerapkan model Listening Team. Dengan model ini guru mudahmerangsangkeaktivanpesertadidikmelaluikerjasamaantarkelompok. Guru jugamudahmemantauprestasipesertadidiksehinggatingkatkesukarandanpermasalahan yang dihadapiolehpesertadidikdapatdiketahuidandicarikansolusinyaoleh guru.Peningkatanprestasibelajarpesertadidikinidapatterlihatdariprasiklus, siklus I dansiklus II, secaraberturut-turutsebesar: 50%, 60 % dan 85 %. Denganbegitu target yang ingindicapaitelahterpenuhi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapan model Listening Teampadapembelajaran PAI mempermudahbagi guru dalammencapaitujuanbelajar yang diinginkandanmengoptimalkan / menuntaskanprestasipesertadidik.Hal initerlihatdaripresentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalpadatahapprasiklussebesar 50% padasiklus I sebesar 60%, danpadasiklus II ketuntasanbelajarpesertadidikmencapai 85%.Hal iniberarti, target yang ditetapkanpenelitiyaitustandarketuntasanprestasipesertadidiksecaraklasikalsudahtercapai.
Tidak tersedia versi lain