Fak. Tarbiyah
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 77 KASABOLO KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA
ABSTRAK
Hj. Muhadjira, A.Ma, NIM. KL. 14010101018, Judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PENDIDIKAN Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VI SD Negeri 77 Kasabolo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana, (Dibimbing Oleh: Rasmi, S.Ag., M.Si dan La Hadisi, S. Ag., M.Pd.I).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 77 Kasabalo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana? Bagaimana hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 77 Kasabalo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana? Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 77 Kasabolo pada kelas VI, tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 21 orang.
Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Faktor yang diselidiki yakni faktor siswa dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% siswa memperoleh nilai ≥65.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berdasarkan hasil setiap tes yang diberikan. Pada sikluss 1 nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 67,67 dengan hanya 12 orang siswa (57,14%) mencapai KKM, maka evaluasi pada akhir siklus II nilai siswa menunjukan peningkatan menjadi 72,29 dengan 19 orang siswa (90,48%) memperoleh nilai ≥ 65. Sementara aktivitas belajar siswa dalam kelompok menunjukan nilai 2,67. Aktivitas guru memperoleh nilai 3,4 (skala 0 – 4) untuk pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya pada siklus II aktivitas belajar siswa secara berkelompok juga menunjukan peningkatan menjadi 3,5. Aktifitas guru selama proses pembelajaran juga menunjukan perbaikan dengan perolehan nilai yang meningkat menjadi 3,84. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 77 Kasabolo Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana.
Tidak tersedia versi lain