Fak. Tarbiyah
PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDN BUGI KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAU-BAU
ABSTRAK
La Adji, KL. 14010101012“Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau”
Penerapan metode pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau, bertujuan untuk mengetahui dan mengamati peningkatan hasil belajar PAI siswa Kelas V SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau. Adapun permasalahannya adalah apakah penerapanmetodepembelajaranMake a Match dapat meningkatkan hasilbelajar PAI siswakelas V SDN BugiKecamatanSorawolio Kota Bau-Bau?
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Bugi Kecamatan Sorawolio Kota Bau-Bau tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakanadalahteshasilbelajar; tesawalsebelumpemberiantindakan, tessiklus I dan II danlembarobservasibagi guru dansiswa.Prosedurpenelitianiniterdiridari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi.
Hasilpenelitianinimenunjukanbahwaaktivitaspadatindakan siklus I Guru dan Murid terlihat dari beberapa instrumen observasi menunjukkan kesiapan belajar dengan metode Make A Match menujukkan adanya perubahan positif hal ini diimbangi dengan peningkatan perolehan nilai hasil evaluasi pada siklus Imenunjukkan nilai rata-rata 67,54, tes formatif menunjukkan 19siswa dikategorikan tuntas secara perseorangan dan 5 Murid tidak tuntas. Tindakan siklus II aktivias Guru dan Murid terlihat dari beberapa instrumen observasi menunjukkan kesiapan belajar melalui metode Make A Match menujukkan adanya perubahan lebih efektif, hal ini diimbangi dengan peningkatan perolehan nilai hasil evaluasi pada siklus ke II menunjukkan nilai rata-rata 72,82, tes formatif menunjukkan 23 Murid dikategorikan tuntas secara perseorangan dan 1 siswa yang tidak tuntas
Peningkatan hasil belajar PAI melalui penerapan metode Make A Matchberdasarkan siklus I dan II sebesar 25 % menunjukkan adanya peningkatan dari tiap siklusnya, dimana siklus I (pertama) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai rata-rata 67,54 setelah diberikan tindakan pada siklus ke II (dua) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai rata-rata 72,82 dengan persentase 95% siswamendapatkannilai ≥ 65, dan dikategori baik.
Tidak tersedia versi lain