Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE THE POWER OF TWOPADA SISWAKELAS IVSD NEGERI 07 LAEYAKABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Hartati, NIM. 140101011009, PeningkatanHasilBelajarPendidikan Agama Islam melaluiMetodeThe Power Of Two SiswaKelas IV SDN 07 LaeyaKecamatanLaeyaKabupatenKonawe Selatan(Dibimbing olehDra. Hj. MarlinaGazali, M.Pd.I.).
Peningkatanhasilbelajar PAI melauimetodeThe Power Of Two SiswaKelasIV SDN 07 LaeyaKecamatanLaeyaKabupatenKonawe Selatan sebagai salah satu karya ilmiah bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarPAImelaluimetodeThe Power of TwopadasiswaKelas IVSDNegeri 07 LaeyaKabupatenKonawe Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedurpelaksanaanpenelitianterdiridari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaantindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi yang dilaksanakan SDNegeri 07 Laeya Kabupaten Konawe Selatan pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumenpenelitiandanteknikpengumpulan data yang digunakanadalahlembarobservasidanteshasilbelajar.Sedangkanteknikanalisis data dilakuukansecaradeskriptif, yaitu; menghitungnilai rata-rata, persentaseketuntasandanpeningkatanhasilbelajar.
HasilpenelitiandiperolehbahwahasilbelajarPendidikan Agama Islam pokokbahasanMalaikatdanTugasnyadapatditingkatkanmelaluimetodeThe Power of Two padasiswakelas IV SD Negeri 07 LaeyaKabupatenKonawe Selatan. Hal inidapatdilihatpadapeningkatanpersentasejumlahsiswa yang mengalamiketuntasanbelajarpadasiklus I diperolehnilai rata-rata 69,58denganketuntasanbelajarmencapai 66,67%, dan padasiklusIIhasilbelajarsiswadiperoleh 80,33 denganketuntasanbelajarmencapai 95,83%. Sedangkanpeningkatanhasilbelajarsiswasecarakeseluruhanmulaidariskorawalsebelumtindakansampaipadasiklus II (setelahtindakan) persentasepeningkatanmencapai 26,50%. Dengandemikian, bahwasecaraumumhasilbelajardapatditingkatkanmelaluipenerapanmetodeThe Power of Two padasiswakelas IV SD Negeri 07 LaeyaKabupatenKonawe Selatan.
Tidak tersedia versi lain