Fak. Tarbiyah
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA TOMBA KOTA BAUBAU
ABSTRAK
Wa ode aminah, NIM KL. 140101001043. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Kartu Angka Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Tomba Kota Baubau
(Dibimbing oleh Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag)
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di lapangan ditemukan adanya permasalahan dalam kegiatan pengembangan di kelas yaitu rendahnya kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan di TK Dharma Wanita Tomba. Hal ini disebabkan peran guru yang masih menekankann pengajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang bervariasinya media dan metode pembelajaran yang digunakan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A dalam mengenal konsep bilangan di TK Dharma Wanita Tomba Kota Baubau? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Tomba melalui penggunaan media kartu angka.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskripsi kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitaif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak meningkat dari sebelum penelitian sampai dengan siklus II. Pada saat penelitian awal, kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak rata-rata di kelas yaitu 54,67%, pada siklus I menjadi 62,77% dan pada siklus II rata-rata kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan anak di kelas mencapai 80,82%%.
Tidak tersedia versi lain