Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN MELIPAT KERTAS KELOMPOK BTK KEMALA BHAYANGKARI BAUBAU
ABSTRAK
SUMARNI, NIM. KL. 14010101041, MeningkatkanKreativitas Anak Melalui
Metode Demonstarsi Pada Kegiatan Melipat Kertas Kelompok B Tk Kemala
Bhayangkari Kota BaubauTahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kreativitas anak dalam
melipat kertas pada anak kelompok B TK. Kemala Bhayangkari Kota Baubau.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode demonstrasi, jenis penelitian adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pada kelompok B yang berjumlah 19 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Observasi
digunakan untuk mengumpulkan data tentang peningkatan kemampuan melipat,
sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat kreativitas anak saat
pembelajaran melipat menggunakan metode demonstrasi.
Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan persentase
melalui siklus-siklus, yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap
siklus tentang peningkatan kemampuan melipat melalui metode demonstrasi
diperoleh hasil pada prasiklus 23%, siklus I 26%, dan siklus II 80%.
Dengan demikian upaya peningkatan kreativitas anak kelompok B TK
Kemala Bhayangkari Kota Baubau tahun ajaran 2015/2016 dikatakan berhasil
karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi
dari target yaitu 80%.
Tidak tersedia versi lain