Fak. Tarbiyah
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS Vb PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN I TALAGA BESAR KEC. TALAGA RAYA KABUPATEN BUTON TENGAH
ABSTRAK
Nama penyusun : Zuhari
Nim :12010104015
Judul penelitian : Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70 yang sedangkan siswa yang mendapat nilai ≤70 hanyalah siswa yang yang berprestasi. Selain itu, guru dalam pembelajaran masih monoton menggunakan metode konvesional sehingga siswa merasa tidak termotivasi, antusias dalam belajar. sehingga hasil belajar siswa rendah adapun tingkat keberhasilan masih mencapai 60%. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan paradigma baru, yaitu dengan mengubah motode pembelajaran dari metode konvesional ke metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. adapun model pembelajaran yang dimaksud yaitu model pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan). Model pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5b Di SDN I Talaga Besar kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah, sebanyak 2 siklus objek penelitian ini adalah siswa kelas 5b yang berjumlah 27 siswa adapun siswa laki-laki berjulah 11 dan siswa perempuan berjumlah 16 siswa, adapaun instrument yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, lember observasi guru dan siswa, lembar kerja siswa dan peneliti. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta penerapan model pembelajaran Index Card Match, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, observasi, tindakan evaluasi, analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil Penerapan model pembelajaran Index Card Match pada siswa kekas 5b di SDN I Talaga Pada siklus I pertemuan pertama Hasil aktivitas guru mencapai 86,36%. ketidakaktifan mencapai 13,63%. Aktifitas siswa mencapai 80,95%. Ketidak aktifan mencapai 19,04%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktifitas guru mencapai 90,90%. Ketidakaktifan mencapai 9,09%. Aktifitas siswa mencapai 90,47%. Ketidakaktifan mencapai 9,52%. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua hasil aktifitas guru dan siswa mencapai 100% aktif. Sedangkan Hasil belajar yang diperoleh siswa kela 5b sebelum tindakan pada mata pelajaran IPA memperoleh presentase keberhasilan 55,55%, dengan nilai rata-rata 56,37 setelah dialakukannya tidakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, adapun presentase nilai siswa siklus I yaitu 66,66% dengan nilai rata-rata 71,96. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase keberhasilan mencapai 77,77% dengan nilai rata-rata 72,14 bahkan melebihi indikator yang telah ditetapkan. Adapun presentase kenaikan dari dari tes awal sampai pada siklus II yaitu 9,16%.
Tidak tersedia versi lain