Fak. Tarbiyah
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA DRAWING DALAM PEMBELAJARAN MATERI PELAKSANAAN SHALAT PADA SISWA KELAS V SDN 18 BARUGA KECAMATAN BARUGA KENDARI SKRIPSI
ABSTRAK
NURLAILA M. PELONG Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Drawing
Dalam Pembelajaran Materi Pelaksanaan Shalat Pada Siswa Kelas V SDN 18 Baruga
Kecamatan. Baruga Kendari, Dibimbing Oleh Dr. H. Herman, M. Pd. I Dan Dr.
Ambar Srilestari, M. Pd
Penelitian ini berfokus pada peningkatakan hasil belajar pendidikan agama
islam dengan menggunakan metode demonstrasi melalui media drawing secara umum
penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar siswa
pada materi pokok pelaksanaan shalat di sekolah dasar khususnya di kleas V dengan
menggunakan metode demonstrasi melalui media drawing.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar pendidikan
agama isla siswa kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Kendari dapat ditingkatkan
dengan menerapkan metode demonstrasi melalui media drawing. Tujuan yang ingin
dicapai adalah untuk meninngkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa
kelas V SDN 18 Baruga Kecamatan Baruga Kendari dengan menerapkan metode
demonstrasi melalui media drawing.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan
menggunakan metode demonstrasi melalui media drawing pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam materi pelaksanaan shalat dapat meningkatkan hasil belajar
kelas V SDN 18 baruga kecamatan baruga kendari.
Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa kelas V SDN 18 Baruga
Kecamatan Baruga Kendari tahun ajaran 2015/2015 dengan jumlah siswa 26 orang
instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes siklus I, dan II,
setelah memberikan tindakan dan lembar observasi terhadap guru dan siswa untuk
kondisi pelaksanaan tindakan prosedur penelitian ini terdiri dari: (a) perencanaan, (b)
pelaksanaan tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa pada
pelajaran pendidikan Agama Islam pada penerapan metode demonstrasi ( pratek )
melalui media drawing (gambar) pengalami peningkkatan dibandingkan
pembelajaran sebelumnya tanpa penerapan metode dan media. Hal ini dapat di
artikan bahwa penerapan metode demontrasi melalui media drawing dapat
meningkatkan keaktifan dan dan prestasi Pendidikan Agama Islam materi pokok
pelaksanaan shalat
Tidak tersedia versi lain