Fak. Tarbiyah
PENGARUH METODE MENGAJAR GURU FIQIH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS X DI MAN 1 KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Yayuk Permatasari, Nim.12010101089. Pengaruh Metode Mengajar Guru Fiqih Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Konawe Selatan
(Dibimbing oleh:La Hadisi, S.Ag, M.Pd.I)
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh metode mengajar guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa. Dengan permasalahan, 1) Bagaimana metode mengajar guru Fiqih kelas X di MAN 1 Konawe Selatan, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 1 Konawe Selatan, dan 3) Apakah terdapat Pengaruh metode mengajar guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas X di MAN 1 Konawe Selatan. Tujuan penelitian, 1) Untuk mengetahui metode mengajar guru Fiqih kelas X di MAN 1 Konawe Selatan, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN 1 Konawe Selatan, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas X di MAN 1 Konawe Selatan.
Jenis penelitian kuantitatif dengan pola analisis statistika, populasi penelitian ini seluruh jumlah siswa kelas X MAN 1 Konawe Selatan yang terdistribusi pada 5 kelas yang berjumlah 131 siswa. Sampel penelitian 33 responden yang diambil secara acak dari tiap-tiap kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan angket. Teknik analisis data statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menempuh langkah-langkah a) Analisis deskriptif presentase variabel X dan Y, b) Uji normalitas data variabel X dan Y, c) persamaan regresi linear sederhana, d) Menentukan angka indek korelasi, e) Menentukan koefisien determinasi (r squer) dan Pengujian hipotesis uji signifikan (uji t).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Analisis deskriptif data variabel X menunjukkan nilai Mean = 61,030, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel X yakni 24 = 73% berada pada interval 60-80%, hal ini menunjukkan metode mengajar guru fiqih di MAN 1 Konawe Selatan pada kategori baik. 2) Analisis deskriptif data variabel Y menunjukkan nilai Mean = 74,303 , dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y yakni 23 = 69% yang berada di interval 61-80 hal ini menunjukkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Konawe Selatan pada kategori tinggi, 3) Analisis inferensial menunjukan terdapat pengaruh positif pada kategori kuat dan signifikan secara parsial variabel independen terhadap variabel dependen dengan ditemukannya rhitung≥ rtabel. (0.647 ≥ 0,2816 ) dan uji signifikan thitung ≥ ttabel(4,724≥ 1,711), maka H1 diterima dan H0 ditolak, dengan besarnya koefisien determinasi41,86%, sedangkan sisanya 58,13% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain