Fak. Tarbiyah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK KELAS IV SD NEGERI TABANGGELE KECAMATAN ANGGALOMOARE KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Alex Akbar Lukman, Nim 12010104024, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning)Pada Bahasan Perubahan Lingkungan Fisik Kelas IV SD Negeri Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe, Pendidikan Guru Madrasah Ibthidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Dosen Pembimbing (I) Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si dan Pembimbing (II) Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si
Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tabanggele dalam pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik masih tergolong rendah, ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA sehingga suasana belajar membosankan dan hanya berpusat pada guru. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan adanya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi, model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) menjadi salah satu pilihan yang digunakan peneliti untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SD Negeri Tabanggele.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang menggunakan pola siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam empat kali pertemuan, masing-masing dua kali pertemuan setiap siklus dengan waktu 2x40 menit tiap pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model CTL (Contextual Teaching Learning), dokumentasi dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus. Dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tabanggele, Kec. Anggalomoare, Kab. Konawe dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki.
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan siklus yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL (Contextual Teaching Learning) pada semester genap, khususnya pada siswa kelas IV SD Negeri Tabanggele menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus 1 meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata tes awal, yakni dari 54 menjadi 64.5 dengan persentase kenaikan sebesar 19.5%. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Selanjutnya Nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus 2 meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus 1, dari 64.5 menjadi 84 dengan persentase peningkatan sebesar 30.23%. Kenaikan presentasi pada siklus 2 ini telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70.
Tidak tersedia versi lain