Fak. Tarbiyah
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS V SDN 10 BARUGA
ABSTRAK
Nama Penyusun : Hijrah
NIM : 12010104029
Judul Skripsi : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran KooperatifTipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas V SDN 10 Baruga.
Penelitian Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V A SDN 10 Baruga – Kendari.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V A SDN 10 Baruga yang berjumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dengan tahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus- Oktober 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif untuk menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa.Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah 80% siswa mencapai nilai ≥70 (KKM pada mata pelajaran IPS).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VA SDN 10 Baruga - Kendari dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tes awal yang dilaksanakan sebelum tindakan siklus I, siswa yang mencapai KKM (70) adalah 1 orang (4.34%), dengan nilai rata-rata 37.24, setelah tindakan siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 orang (62.5%) dengan nilai rata-rata 66.77, pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (80.95%) dengan nilai rata-rata 74.59. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V A SDN 10 Baruga.
Tidak tersedia versi lain