Fak. Tarbiyah
Strategi Guru Pendidikan Agama IslamDalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kendar
ABSTRAK
UcirmanNim 12010101059,”Strategi Guru Pendidikan Agama IslamDalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kendari”. Jurusan Pendidikan Agama Islam melalui bimbingan Dr. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag
Penelitian ini tentang strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 6 Kendari.Kajian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 6 Kendari, untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 6 Kendari.
Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari informan dan perilaku yang dapat diamati. Objek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru BK dan Siswa SMA Negeri 6 Kendari. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan cara observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kedisiplinan belajar PAI siswa SMA Negeri 6 Kendari menunjukkan masih kurang disiplin, hal ini dibuktikan dengan sebahagian ditemukan beberapa siswa yang masih sering datang terlambat ke sekolah yang mengakibatkan terlambat masuk mengikuti proses pembelajaran PAI, adapula yang terlambat mengumpulkan tugas, siswa yang keluar ruangan tanpa alasan dan siswa yang ribut selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 6 Kendari dilakukan dengan beberapa cara, yaitu 1) keteladanan yang baik 2) pembinaan secara kontinu 3)penegakan aturan tata tertib 4) dan kegiatan ekstrakurikuler
Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan Belajar Siswa
Tidak tersedia versi lain