Fak. Tarbiyah
HUBUNGAN SELF CONFIDENCEDENGANKESIAPAN BELAJAR SISWA DI SMA IDHATA KENDARI
ABSTRAK
FITRIANI IDRIS, NIM. 12010101075, Judul: Hubungan Self Confidence dengan Kesiapan Belajar Siswa di SMA Idhata Kendari, (Dibimbing Oleh: Syahrul Marham, S.Pd.I, M.Pd)
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan self confidence dengan kesiapan belajar siswa SMA Idhata Kendari. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai bulan Juli sampai September 2016.
Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Analisis deskriptif data dilakukan dengan cara menghitung rata-rata, median, modus, rentangan, menyusun tabel distribusi frekuensi, dan menghitung kriteria/ kategori skor pada masing-masing variabel. Uji normalitas data menggunakan perhitungan Kolmogorov-Smirnov, perhitungan linearitas menggunakan perhitungan Anoava, perhitungan korelasi dengan rumus product moment, dan perhitungan signifikansi menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Gambaran mengenai self confidence diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil pengolahan angket instrumen kesiapan belajar menunjukkan skor sebesar 52,37 termasuk dalam kategorikan kurang sekali. 2) Gambaran mengenai kesiapan belajar siswa diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil pengolahan angket instrumen menunjukkan skor sebesar 61,6 termasuk dalam kategori cukup. 3) Self confidence memiliki hubungan dengan kesiapan belajar sebesar 0,37, termasuk kategori rendah. Kontribusi self confidence terhadap kesiapan belajar sebesar 13,69%. Pehitungan signifkansi menunjukkan bahwa t hitung = 2,18 > t tabel pada taraf signifikansi α = 0,5 = 1,69, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signfikan antara self confidence dengan kesiapan belajar siswa SMA Idhata Kendari.
Tidak tersedia versi lain