Fak. Tarbiyah
Peningkatan hasil belajar murid pada bidang studi PKn melalui strategi pembelajaran Index Card Match di SD Negeri 18 Kendari Barat
ABSTRAK
MARDA, NIM. 12010104007, Judul: Peningkatan Hasil Belajar Murid pada Bidang Studi PKn Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match di SD Negeri 18 Kendari Barat, (Dibimbing Oleh: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan Mahrudin, M.Si).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar PKn murid di SD Negeri 18 Kendari Barat? 2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran index card match di SD Negeri 18 Kendari Barat? Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran index card match.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Kendari barat pada kelas V pada tahun ajaran 2015/2016dengan jumlah murid 12 orang.
Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan murid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan murid, serta tes tertulis pada tiap siklus untuk mengetahui hasil belajar murid. Faktor yang diselidiki yakni faktor murid dan guru. Standar ketuntasan yang ditetapkan adalah apabila minimal 80% murid memperoleh nilai ≥ 70.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada evaluasi awal nilai yang diperoleh murid rata-rata sebesar 64,75, pada akhir siklus I nilai murid menunjukan peningkatan menjadi 69,08 dengan 5 orang murid (41,67%) memperoleh nilai ≥ 70. Sementara aktivitas belajar murid menunjukan nilai 1,85 (skala 0 – 4). Aktivitas guru memperoleh nilai 81,25 (skala 0 – 100) untuk pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus II perolehan nilai murid kembali menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata perolehan murid 75 dengan 83,33% murid memperoleh nilai ≥ 70. Aktivitas belajar murid dalam secara berkelompok juga menunjukan peningkatan menjadi 3,28. Aktifitas guru selama proses pembelajaran juga menunjukan perbaikan dengan perolehan nilai yang meningkat menjadi 100. Dengan demikian strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar PKn murid kelas V SD negeri 18 Kendari Barat.
Tidak tersedia versi lain