Fak. Tarbiyah
Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Tipe Index Card match Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 30 Konawe Selatan
ABSTRAK
Rianti, Nim 12010101007, judul “Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Tipe Index Card Match Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 30 Konawe Selatan”. Dibimbing Oleh Dr. Abdul Kadir, M.Pd
Minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan saat ini masih kurang, dikarenakan guru hanya menggunakan strategi/metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran berlangsung satu arah. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan adanya penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi, sehingga guru dan siswa sama-sama berperan aktif dalam pembelajaran. Dan penggunaan strategi index card match dapat merangsang aktivitas siswa dalam belajar dan minat belajar siswa. tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi index card match dan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 30 Konawe Selatan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data yaitu data tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi index card match diperoleh melalui lembar observasi siswa dan guru sedangkan data tentang minat belajar siswa diperoleh dari pengisisan angket pada tiap akhir siklus. beberapa indikator yaitu perhatian, ketertarikan, keingintahuan, antusias, dan rasa suka siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam pada saat berlangsungnya proses pembelajaran di kelas. Minat belajar pendidikan agama Islam dapat dikatakan mengalami peningkatan apabila persentase dari data yang diperoleh menunjukkan 80% dengan kriteria “tinggi”.
Berdasarkan hasil observasi, dan refleksi pada setiap tindakan siklus yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran tipe index card match pada semester genap khususnya pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 30 Konawe Selatan menunjukan adanya peningkatan yaitu 1) Keterlaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran tipe index card match pada materi “Perilaku terpuji (adab makan dan minum)” dan “perilaku tercela (dendam dan munafik)” dikelas VIII B Konawe Selatan dapat ditingkatkan dan telah berjalan sesuai dengan skenario. 2) Pada hasil angket minat belajar pendidikan agama Islam, terjadi peningkatan terhadap minat belajar pendidikan agam islam yang terlihat dari peningkatan persentase rata-rata minat belajar pendidikan agama Islam pada siklus I yaitu 73,33 % dengan kriteria “sedang” menjadi 81,87% dengan kriteria “tinggi” pada siklus II. Ternyata, strategi pembelajaran tipe index card match dapat meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam, khususnya di kelas VIII B SMP Negeri 30 Konawe Selatan.
Tidak tersedia versi lain