Referensi
HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 4 KENDARI
ABSTRAK
Haliynu Nim 10010101099. “Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Kendari”
Dibimbing oleh Dra. Marlina Gazali, M.Pd.I., dan St. Aisyah Mu’min, S.Ag, M.Pd.
Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Kendari, dengan permasalahan, a). Bagaimanakah kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Kendari?, b). Bagaimanakah prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Kendari?, c). Bagaimanakah hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Kendari?
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kedisiplinan siswa, mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Kendari, dan mengetahui arti hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Kendari.
Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistika, populasi penelitian berjumlah 398 siswa ditarik berdasarkan presisi 15%. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan angket, dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data variabel X memiliki frekuensi sebanyak 46 yang berada pada interval 81-100% dengan demikian umunya menunjukan bahwa variabel kedisiplinan siswa di SMP Negeri 4 Kendari pada kategori baik sekali, 2). Analisis deskriptif data variabel Y memiliki Mean = 73.15 dari sekor idealnya, dengan frekuensi Y = 59 yang berada di interval 61-80% dengan demikian Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 4 Kendari pada kategori tinggi, 3). Analisis inferensial menunjukan terdapat korelasi positif yang lemah variabel X terhadap variabel Y ditemukannya rhitung ≥ rtabel.. ((0.314 ≥ 0.254) dan uji signifikan ditemukan thitung ≥ ttabel (2,520 ≥ 1,710), maka H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa, dengan besarnya r Squer 9.873% sedangkan sisanya 90.126% dijelaskan oleh peubah lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain