Referensi
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA di SMAN 5 Kendari)
ABSTRAK
Marwia Ode. Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Model Pembelajaran Konvensional (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Kendari)
(Dibimbing oleh Dra.Hj. Siti Fatima Kadir dan Ir. Hj. Ety Nur Inah)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar pendidikan agama Islam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar pendidikan agama Islam model konvensional pada siswa XI IPA di SMA Negeri 5 Kendari..
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kendari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sederhana (simple random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IPA5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan 34 siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar PAI yang terdiri dari pertanyaan tes berupa soal pilihan ganda. Sebelum digunakan, soal tes akan diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perangkat program siap pakai yaitu SPSS versi 11.5 Analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis dari penelitian, dan dari hasil analisis ditarik suatu simpulan. Sebelum data dianalisis, peneliti melakukan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar pendidikan agama Islam yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari uji hipotesis yang menyatakan bahwa Nilai Thitung yang diperoleh dari hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari Ttabel. Dari pengolahan uji perbedaan dua rata-rata ( uji t) diperoleh nilai tes akhir hasil belajar kelas eksperimen dengan nilai Thitung sebesar 5,25 > nilai Ttabel sebesar 1,667, Sig. 0,05 dan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 78,22 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 71,52
Tidak tersedia versi lain