Referensi
HASIL PENELITIAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELLING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI KELAS VIII MTS ASYAFI’IYAH KENDARI
ABSTRAK
Nurjannah. 10 010101 097. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Modeling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhi di Kelas VIII MTs As-Syafi’iah Kendari”. Melalui bimbingan Drs. Pairin, MA. Dan Sodiman, M.Ag.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi. Dari pengamatan penulis, ketuntasan belajar hanya dialami oleh sebagian siswa, sedangkan sebagian yang lainnya tidak mengalami ketuntasan belajar. Disamping itu, siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami aplikasi dari teori yang dipelajari. Masalah tersebut disebabkan oleh strategi mengajar guru yang monoton dan hanya berorientasi pada penguasaan konsep. Karena itu, dibutuhkan suatu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menekankan aspek kerjasama antar siswa serta berorientasi pada kemampuan memahami konsep dan praktek secara langsung. Salah satu strategi pembelajaran alternatif yang dipandang tepat untuk tujuan itu adalah strategi pembelajaran aktif tipe modelling the way.
Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Kelas VIII MTs As-Syafi’iyah Kendari
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch). Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi dan instrumen tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalis dengan rumus kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di Kelas VIII MTs As-Syafi’iyyah Kendari. Hal itu berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 69.48 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 60%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,60 dengan persentase ketuntasan sebesar 68%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,80 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%. Dengan pencapaian tersebut, maka hipotesis tindakan dapat diterima yang berarti bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqhi di kelas VIII MTs As-Syafi’iyyah Kendari.
Tidak tersedia versi lain