Referensi
PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMP NEGERI 1 PARIGI KABUPATEN MUNA
ABSTRAK
Mariati Nim. 09010101056. Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna
(Dibimbing oleh: Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dan Siti Aisyah Mukmin, S.Ag,. M.Pd)
Skripsi yang mengkaji Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna, dengan permasalahan, 1) Bagaimana gambaran Akhlak Siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna?, dan 2) Bagaimana gambaran strategi pembinaan, bentuk metode pembinaan, dan materi pembinaan akhlak siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna?
Tujuan penelitian untuk mengetahui akhlak Siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna dan untuk mengetahui strategi, metode dan materi pembinaan akhlak siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan metode snowball purposive sampling terkait dengan penelitian yaitu kepala sekolah, dan dewan guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan teknik reduksi data, display data verifikasi data, pengecekkan keabsahan data menempuh pendekatan trianggulasi (metode, waktu dan sumber), perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Akhlak Siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna pada umumnya memiliki kecenderungan kurang baik dengan indikator kehendak dan manifestasi dari kehendak yang tidak konsisten, menunjukan berbanding terbalik dengan kenyataan diluar lingkungan sekolah seperti perilaku taat, disiplin, sopan, namun siswa juga berperilaku menyimpang diantaranya bolos, meninggalkan jam pelajaran, dan bahkan Neangkafi. 2). Pembinaan akhlak siswa SMP Negeri 1 Parigi Kabupaten Muna dilakukan dengan strategi monitoring kolektif, untuk mengontrol seluruh aktivitas pendidikan sebagai suatu rangkaian pembinaan akhlak siswa melalui bentuk pembinaan seperti 1). Bentuk pembinaan akhlak melalui rangkaian pembelajaran, dan 2). Bentuk pembinaan akhlak melalui kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah dan pesantren kilat. Menerapkan beberapa metode yang dianggap ideal untuk membina akhlak siswa seperti a). Metode Ceramah, dan b). Metode pemberian hukuman. Sedangkan muatan materi pembinaan yang diberikan melingkupi materi-materi berkaitan dengan :a). Materi akhlak terhadap allah SWT sebagai pencipta, b). Materi akhlak terhadap sesama, c). Materi akhlak terhadap diri sendiri, dan d). Materi akhlak terhadap lingkungan.
Tidak tersedia versi lain