Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 WAKORUMBA UTARA KABUPATEN MUNA
ABSTRAK
Dewi sartiwi, Nim 08 010101 018, Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Questions Students Have Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara Kabupaten Muna, Dosen pembimbing I DRS. H. Pairin, MA dan Pembimbing II Jumarddin La Fua. S,Si. M,SI
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Wakorumba Utara saat ini masih kurang, dikarenakan guru masih menggunakan strategi/metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran dikelas sehingga suasana belajar membosankan dan satu arah. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan adanya penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi. Dan penggunaan strategi Questions Students Have dapat merangsang aktivitas siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa. tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi Questions Students Have dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data yaitu data tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Questions Students Have diperoleh melalui lembar observasi siswa sedangkan data tentang hasil belajar siswa diperoleh dari tes tiap akhir siklus. Dengan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika telah 80 % siswa memperoleh nilai 70, dan indikator proses pembelajaran yang disajikan oleh guru telah mencapai kategori baik melalui penggunaan strategi Questions Students Have
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap tindakan siklus yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Questions Students Have pada semester ganjil khususnya pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara menunjukan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal 66.5 menjadi 72.25 dengan presentase peningkatan 8.64%. namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80%. siswa memperoleh nilai 70. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II meningkat dibandingkan dengan rata-rata siswa pada siklus I yaitu 72.25 menjadi 79.71 dengan presentase peningkatan sebesar 10.33 % dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 89.28 % siswa telah mendapat nilai minimal 70.
Kata kunci: Questions Students Have, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Tidak tersedia versi lain