Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD PADA SISWA KELAS X MA AN-NUR AZ-ZUBAIDI KECAMATAN MELUHU KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Solihin “Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas X di MA An-Nur Az-Zubaidi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe” (dibimbing Dr. Abdul Kadir, M. Pd dan Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA)
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas X di MA An-Nur Az-Zubaidi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar Fiqih siswa kelas X dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD?. dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar Fiqih siswa Kelas X melalui model pembelajaran kooperatif type STAD.
Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X An-Nur Az-Zubaidi pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini disetting dengan jumlah siklus yang relatif, yaitu disesuaikan dengan kondisi tindakan penelitian nantinya. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dalam pembelajaran Fiqih pada kelas X di MA An-Nur Az-Zubaidi dapat meningkatkan aktivitas kelompok siswa dan aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat pada pencapaian nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Aktivitas kelompok siswa meningkat dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,13 kategori kurang baik menjadi 3,5 berkaegori baik pada siklus II. Aktivitas guru pun meningktan lebih baik dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas 2,6 berkategori cukup baik menjadi 3,6 berkategori baik pada siklus II. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih pada siswa kelas X di MA An-Nur Az-Zubaidi. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 70,41, dan meningkat sebesar 13,91% dengan nilai rata-rata 80,21 pada siklus II. Hasil pelaksanaan model pembelajaran STAD pada siklus I pada aspek aktivitas siswa dan guru serta hasil belajar masih menunjukan hasil yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena siswa masih terbiasa dengan cara belajar lama yang cenderung didominasi oleh peran guru (pembelajaran konvensional). Melalui tahap refleksi ditemukanlah berbagai kekurangan dan kelemahan yang kemudian diperbaiki pada siklus I.
Tidak tersedia versi lain