Referensi
PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SDN 19 ABELI KOTA KENDARI
ABSTRAK
Agustina, Nim 11010101029, Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN 19 Abeli Kota Kendari. Dosen Pembimbing DR. Supriyanto,M.Ag
Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN 19 Abeli Kota Kendari dengan sasaran permasalahan apakan penerapan Metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN 19 Abeli Kota Kendari
Jenis penelitian yang dilakukan tepatnya di SDN 19 Abeli merupakan PTK. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi kegiatan guru dan siswa pada saat KBM adapun indikator yang ditetapkan adalah 80 % jika hal tersebut telah mencapai maka dikatakan penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Talking Stick berhasil, sedangkan analisis data yang digunakan adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dilihat berdasarkan kegiatan siswa dalam mengikuti pembelajaran yaitu keaktifan dan menjawab pertanyaan sedangkan data kuantitatif dilakukan dengan teknik persentase sedangkan nilai keberhasilan pembelajaran Talking Stick dinyatakan dengan berhasil,kurang berhasil atau tidak berhasil.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI.ini terbukti dari pre test yang dilakukan hasil belajar siswa belum mencapai peningkatan yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 48 atau sekitar 41,66 % , Pada siklus I pembelajaran dikelas dengan menggunakan penerapan metode Talking Stick ditunjukkan dengan persentase peningkatan sebesar 62,5 % dengan nilai rata-rata baru mencapai 78 hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80 %. Oleh sebab itu diadakan pelaksanaan tindakan selanjutnya yaitu masuk pada tindakan siklus II. Setelah melakukan tindakan siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu persentase peningkatan sebesar 80,2 % dengan nilai rata-rata 86,5 % hal ini telah melampaui indikator yang telah ditetapkan, sehingga penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus karena indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai dan berhasil pada tahap siklus II.
Tidak tersedia versi lain