Referensi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAWAPUDO KEC. SOROPIA KAB. KONAWE
ABSTRAK
RUDIN KASIM, NIM. 11010101028, Skripsi ini berjudul: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Al-Qur’an melalui metode pembelajaran Make A Match pada siswa kelas III SD Negeri Sawapudo Kec. Soropia Kab. Konawe”.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas SDN Sawapudo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas SDN Sawapudo”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa Kelas SDN Sawapudo dengan menggunakan media gambar.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas SDN Sawapudo. Jumlah siswa sebanyak 29 orang, masing-masing terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 14 orang laki-laki. Jenis data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang dijabarkan sebagai berikut: 1) data kualitatatif berupa aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dan 2) data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini terdiri atas indikator tentang keterlaksanaan skenario pembelajaran dan indikator kemampuan membaca siswa. Skenario pembelajaran dikatakan terlaksana dengan baik apabila skenario pembelajaran minimal 90% terlaksana dengan sempurna. Siswa dikatakan telah memahami konsep Bahasa Indonesia yang diajarkan apabila minimal 80% siswa telah mendapat nilai 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas ISDN Sawapudo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar, siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,28 menjadi 77,41 pada siklus II. Di samping itu, terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 58,62% (17 orang siswa) pada siklus I menjadi 86,21% (25orang siswa) pada siklus II.
Tidak tersedia versi lain