Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII.B MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 4 WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI
ABSTRAK
Laode Fafan Maspia, NIM. 09010101057, Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII.b Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 4 Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi, Dosen Pembimbing Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dan Dr. Laode Abd. Wahab, M.Pd.
Permasalahan dalam penlitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? 2) Apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PAI Siswa Kelas VIII.b di SMP Negeri 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi ?
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII.b di SMP Negeri 4 Wangi-wangi melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya memuat beberapa langkah kegiatan yaitu rencana kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikn Agama Islam dan siswa kelas VIII.b yang berjumlah 30 siswa. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi terhadap guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa tiap siklus. Indikator dalam penelitian ini adalah penelitian dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa telah memperoleh nilai ≥ 65.
Dari hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada pelaksanaan tindakan tiap siklus, diperoleh informasi bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 56,67% dengan nilai rata-rata 63,6. Hasil ini belum mencapai indikator yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II proses pembelajaran lebih ditingkatkan, terutama perbaikan terhadap kekurangan yang terjadi pada siklus I. Setelah dilakukan evaluasi pada siklus II, diperoleh hasil bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dicapai 90% dengan nilai rata-rata 73. Hasil yang dicapai sampai pada akhir siklus II ini telah mencapai indikator, atau melebihi indikator yang ditetapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan binatang yang halal dan haram dan sejarah dakwah Islam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PAI siswa kelas VIII.b SMP Negeri 4 Wangi-wangi.
Tidak tersedia versi lain